Thursday, April 15, 2010

“ Membentuk Keluarga Cerdas “

Judul Buku       : Sebening Mata Hati
Penulis Buku   : Asfa Davy Bya (Pemimpin Redaksi Majalah Az-Zikra)
Penerbit           : Hikmah (PT. Mizan Publika)

Bab                  : Akhlak Penuntun Kalbu

“ Membentuk Keluarga Cerdas “

-    Islam menggambarkan awal kebahagiaan dan kesuksesan seseorang bergantung dari bagaimana mereka bersyukur kepada Allah dan kepada orang tua mereka.

-    Jadi, kalau ada di antara kita yang sampai saat ini hidupnya masih saja berada dalam kesempitan, coba evaluasi kembali perjalanan hidup kita, mungkin saja kita dulu pernah menyakiti hati orang tua kita. Bergegaslah memohon maaf kepada mereka, dan ciumlah kaki mereka.

-    Seorang penyair asal Jordania, Kahlil Gibran berkata, “Anak adalah titipan yang kelak harus dipertanggungjawabkan oleh orang tua.” Karena itu, orang tua wajib mengajar dan mendidik anak-anak mereka.

-    Mendidik anak adalah amanah. Rasulullah saw. bersabda, “Setiap anak yang lahir itu sebenarnya dilahirkan di atas fitrah. Kedua orangtuanya lah yang akan membuatnya menjadi Yahudi, Majusi atau Nasrani,” (Al Hadis).

-    Salah satu kiat mendidik anak adalah dengan cara menanamkan pentingnya akhlak sedini mungkin. Imam Ja’far Shadiq berkata, “Tanamkan kepada anak-anakmu ilmu agama sedini mungkin sebelum musuh-musuhmu mengambil mereka darimu dan menanamkan pemikiran-pemikiran yang salah dan palsu ke dalam otak mereka.”

-    Saudaraku, ternyata kunci untuk membentuk keluarga yang cerdas adalah menjadikan diri kita sebagai pribadi yang cerdas terlebih dahulu. Pribadi yang cerdas adalah menjadikan diri kita sebagai pribadi sebagaimana yang disampaikan oleh Allah Swt., “Karena itu, ingatlah kamu kepada Ku, niscaya Aku ingat pula kepadamu, dan bersyukurlah kepada-Ku, dan janganlah kamu mengingkari nikmat-Ku,” (QS Al-Baqarah [2]:152). Dari sinilah memancarnya sakinah, ketenangan jiwa.


No comments: