Thursday, April 15, 2010

“ Mebudayakan Silaturahim “

Judul Buku       : Sebening Mata Hati
Penulis Buku   : Asfa Davy Bya (Pemimpin Redaksi Majalah Az-Zikra)
Penerbit           : Hikmah (PT. Mizan Publika)

Bab                  : Akhlak Penuntun Kalbu

“ Mebudayakan Silaturahim “

-    Rasulullah saw. bersabda, “Siapa yang ingin dilapangkan rezeki dan dipanjangkan umurnya, hendaklah dia menjalin silaturahmi,” (HR Muttafaq alaihi).

-    Seorang Muslim akan memperoleh dua pahala saat dia memperlakukan keluarganya dengan baik dan hormat, satu pahala karena meneguhkan tali silaturahi dan satu pahala karena memberikan sedekah.

Allah Swt. berfirman, “Dan berikanlah kepada keluarga-keluarga yang dekat akan haknya, kepada orang miskin dan orang yang dalam perjalanan, dan janganlah kamu menghambur-hamburkan (hartamu) secara boros,” (QS Al-Isra [17]:26)

-    Islam bahkan mengajarkan kepada kita untuk menaruh hormat dan memberikan toleransi kepada tetangga kita yang non-Muslim sekalipun. Menghormati tetangga kita yang asing merupakan salah satu contoh toleransi yang ditekankan oleh Islam.

-    Saking pentingnya Islam memerintahkan kepada kita memelihara tali silaturahim, maka orang yang memutuskan tali silaturahim akan menerima kemurkaan dariNya, akan mengalami kesengsaraan dan bencana, dan akan dijauhkan surga bagi dirinya. Nabi saw. bersabda, “Seseorang yang memutuskan tali silaturahim tidak akan masuk surga,” (Muttafaq alaihi).

-    Nabi saw. menjawab, “Jangan karena jika kau membalas, berarti kau sama dengan mereka, bahkan hendaklah engkau cari jalan yang lebih baik dan tetap menyambung mereka, maka bantuan Allah selalu datang kepadamu sepanjang engkau berbuat demikian.”

-    Jangan lagi kita biarkan diri kita pintar berbicara tetapi sulit melangkah, jangan biarkan hati  dan pikiran kita dipenuhi dengan segudang ilmu agama yang tak pernah diamalkan.


 

No comments: