Sunday, April 18, 2010

"Berkah Sedekah dan Menyantuni Anak Yatim" [02]

Judul Buku        : Cahaya Langit, Hidup Tak Selamanya Hitam
                                       -Inspired by True Stories-
Penulis Buku     : Ust. Bobby Herwibowo, Lc
Penerbit                : Kuwais


“ Kisah Ibu Janda yang Bersedekah Rp. 1 Juta “
-    Setiap kali sampai angka tersebut, selalu ada keperluan mendesal yang harus ia tutupi. Jadi, saldo di tabungan bukannya makin bertambah, yang ada selalu kurang dan berkurang. Semalam, Hastuti tak kuasa menahan gundahnya. Ia laporkan kegalauannya kepada Tuhan Yang Maha Mendengar dalam doa dan munajat.
-    Subhanalla h, padahal baru semalam ibu berdoa mengadu kepada Allah kepingin berhaji, tapi ibu malu mau cerita kepada kalian semua. Takut ngerepotin. Eh, kok malah pagi-pagi kalian sema sudah nganterin duit sebanyak itu.
-    “ Sungguh dalam setiap kesulitan ada kemudahan. Sungguh dalam setiap kesulitan, ada kemudahan!” (Al-Insyirah [94]:5-6)

“ Sedekah Ini Bukan untuk Menebus Ibu “
-    Ia belum tahu harus berbuat apa. Pikiran yang kalut tak mampu mencari celah jawaban. Namun saat ia tengah merunduk, ia dapati seorang anak kecil hitam tak berlengan sedang memelas iba kepadanya, “Haji, haji, sabilillah!” Kalimat itu biasa ia dengar di kota Mekkah dan Madinah yang berarti minta sedekah.
-    “ Ya Allah, dengan sedekah ini aku berharap pertolongan-Mu. Sedekah ini bukan untuk menebus ibu yang telah membesarkan aku!”
-    Dari Abu Darda uwaimar ra. Bahwa ia mendengar Rasulullah saw. bersabda, “Carilah aku di tengah orang-orang lemah. Sebab kalian bisa hidup menang dan berlimpah rezeki karena doa orang-orang dhuafa (lemah) di tengah kalian.” (HR. Abu Daud)
-    Sungguh, Anda dapat beruntung keluar dari masalah karena pertolongan yang Anda ulurkan lewat tangan Anda sendiri!

“ Sedekah Ngutang “
-    Malam itu juga ada seorang yang bernama Arif yang berkomitmen untuk menyumbang seluruh lantai keramik yang diperlukan mushalla. Itulah yang ia janjikan kepada Pak RT dan seluruh peserta rapat. Sengaja ia menyumbang lantai keramik, sebab ia beranggapan bahwa setiap orang akan menggunakannya untuk berdiri dan sujud oleh karena itu akan mendapat pahala yang lebih banyak dari material bangunan lainnya. Setidaknya itulah anggapannya!
-    Ia telah menuai pertolongan Allah Swt. untuk pembelian mobil, namun apa yang ia sumbangkan untuk rumah-Nya dengan cara berhutang rupanya tidak dianggap demikian oleh Allah Swt.

“ Aku ingin Bersedekah “
-    “Boleh jadi dengan sedekah itu Allah Swt. menyembuhkan penyakitku, Pak!”
-    “Sembuhkanlah penyakit kalian dengan cara sedekah. Lindungi harta yang kalian miliki dengan zakat.” (HR. Baihaqi)

“ Tolong Beli Handuk Ini “
-    Dari Abdullah bin Mas’ud ra. Bahwa Rasulullah saw. bersabda, “ Sedekah akan jatuh di tangan Allah, sebelum sedekah itu diterima oleh tangan peminta. “ (Al-Hadits)
-    “Tapi tadi malam saya sudah gak kuat mendengar jerit anak-anak saya kelaparan. Tolong beli handuk ini, Pak! Saya gak mau mengemis, saya juga gak berani ngutang. Tolong ya Pak!”
-    Betapa pertolongan Allah amat cepat mendahului bantuan yang diberikan seorang hamba untuk saudaranya!

No comments: